Pusat Susu Kuda Liar Sumbawa, Alamat: Jl. Lintas Sumbawa , Woja, Kabupaten Dompu – NTB, Indonesia, Telp 0812 798 6383

Susu Kuda Liar Asli Sumbawa

Susu Kuda Liar Asli Sumbawa
Susu Kuda Liar Asli Sumbawa
Mengenal Susu Kuda Liar Asli Sumbawa - Produk susu kuda liar identik dengan Pulau Sumbawa, namun tidak semua yang mengenal identitas tersebut memahami secara utuh mengenai susu kuda liar itu sendiri. "Kuda liar diambil susunya? Rasanya mustahil. Apa yang memerah tidak disepak?," demikian pertanyaan yang disampaikan Wahyudi Prihandono, pria asal Jawa Tengah, ketika pertama kali berkunjung ke Pulau Sumbawa. Rasa penasaran itu akhirnya terjawab setelah menyaksikan proses pemerahan susu kuda liar di Pulau Sumbawa.

Pulau Sumbawa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah yang sudah lama dikenal sebagai penghasil ternak, seperti sapi, kerbau, dan kuda. Sebagian besar masyarakat Pulau Sumbawa umumnya memiliki mata pencaharian sebagai peternak, khususnya kuda. Pulau itu sebagian besar merupakan dataran tinggi dan berbukit-bukit tandus dengan curah hujan rendah.

Kawasan itu hanya ditumbuhi rumput serta tanaman perdu yang dikenal sebagai sabana, sehingga kawasan ini sangat cocok untuk pengembangan peternakan. Usaha peternakan yang dilakukan masyarakat di Pulau Sumbawa tidak  dengan cara mengandangkan ternak mereka. Hewan dibiarkan berkeliaran di padang penggembalaan yang luas.


Padang penggembalaan berjajar mulai kota di ujung barat Sumbawa hingga kota di ujung timur Bima. Sepanjang mata memandang, di seberang kanan maupun kiri jalan yang terlihat padang penggembalaan. Hewan ternak mencari makan sendiri. Makanan yang dikonsumsi pun sangat beragam. Tidak jarang kuda yang memakan tumbuhan beracun atau binatang berbisa. Karena keragaman makanan yang dikonsumsi itulah, menurut sejumlah orang yang paham dunia pengobatan, yang membuat perbedaan susu kuda liar dari Pulau Sumbawa dengan susu lainnya.

Jenis kuda yang dikembangkan adalah kuda sumbawa. Kuda-kuda itu umumnya digunakan untuk angkutan cidomo, kuda pacuan, dan ternak potong. Populasi kuda di Sumbawa diperkirakan tidak kurang dari 73 ribu ekor. Komoditi ternak kuda umumnya dipasarkan di pasar lokal dan sebagian kecil dipasarkan ke luar daerah, terutama Jawa Timur. Sedangkan kuda penghasil susu masih merupakan hewan khusus dan sebagian besar terdapat di Kabupaten Sumbawa, Dompu, dan Bima. Kuda-kuda yang diternak tersebut akan dikumpulkan saat dibutuhkan, utamanya pada musim tanam tiba.

Kuda liar di Pulau Sumbawa adalah kuda yang oleh pemiliknya dibiarkan hidup bebas di padang penggembalaan yang luas. Jadi, liar tidak berarti tidak bertuan dan benar-benar bebas berkeliaran ke mana saja, sebab padang penggembalaan juga dipagari. Sementara itu, kuda yang akan diambil susunya, segera ditangkap oleh pemiliknya. Meski kuda tersebut terkesan liar terhadap orang lain, tapi jinak ketika di tangan pemiliknya atau pawangnya.

Jinaknya kuda yang hidup bebas di padang penggembalaan itu juga berkat peran seorang pawang. Pawang juga berperan besar dalam proses pemerahan susu. Setelah ditangkap, kuda betina yang akan diperah, salah satu kaki belakangnya atau pinggangnya diikat, supaya kuda itu tidak lari. Produksi susu kuda sangat bervariasi bergantung pada jenisnya.

Karena itu, kuda liar yang diperah susunya tersebut bukanlah kuda yang benar-benar liar. Barangkali karena itulah penggunaan istilah susu kuda liar sejak tahun 1997 berubah menjadi susu kuda Sumbawa. Apalagi, konsumen yang kritis mulai menanyakan arti "liar" dalam penyebutan susu kuda liar.


Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) menanggapi sikap kritis itu kemudian mengganti label susu kuda liar menjadi susu kuda Sumbawa, karena susu kuda tersebut pada dasarnya merupakan susu kuda yang diternakkan. Kendati penyebutannya mulai berubah, tapi khasiat susu kuda  Sumbawa banyak diyakini konsumennya tidak berubah, karena proses produksinya tidak berbeda dibandingkan sebelumnya.


Susu kuda Sumbawa oleh sejumlah kalangan yang mengonsumsinya diyakini memiliki berbagai khasiat obat seperti menyembuhkan penyakit TBC, asma, lumpuh, reumatik, diabetes, ginjal, talasemia, anemia, tipus, kanker darah, menurunkan kolesterol, dan menyembuhkan paru-paru basah. Selain itu, susu kuda Sumbawa diyakini dapat mencegah keguguran serta meningkatkan vitalitas dan kejantanan pria.

Dari hasil sejumlah penelitian, susu kuda Sumbawa mempunyai keistimewaan yakni tidak mengalami penggumpalan dan kerusakan meskipun tidak dipasteurisasi dan tanpa diberi bahan pengawet. Tapi, untuk mengonsumsi susu kuda Sumbawa juga ada aturan pakainya. Susu kuda Sumbawa yang rasanya asam itu sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi hangat, namun disimpan di tempat sejuk (kulkas). Konsumsi yang dianjurkan antara setengah hingga satu gelas sehari.

Peneliti utama pada Puslitbang Gizi Depkes Dr Hermana MSc APU, pernah mengemukakan, susu kuda, termasuk susu kuda sumbawa, lebih cocok dikonsumsi bayi, karena komposisi kandungan gizinya sangat mendekati air susu ibu. Kadar casein, laktosa, lemak, protein, dan mineral, serta komposisi asam lemaknya pun terdiri atas asam lemak rantai pendek yang mudah diserap. Kendati begitu, ia tetap mengingatkan agar proses fermentasi diperhatikan, karena bakteri pembusuk ada di mana-mana, misalnya dari tangan orang yang memerah atau dari puting susu kuda.
Sumber :ANTARA.com

CARA PENYAJIAN:
- Siapkan Air Panas Dalam Mangkuk.
- Masukan susu kuda  sesuai dosis ke dalam gelas.
- Rendam gelas yang berisi susu kuda  ke dalam mangkuk yang berisi air.
- Setelah Susu hangat Kuku bisa langsung di minum (bisa ditambah Madu).
- AKAN LEBIH BERKHASIAT JIKA DICAMPUR DENGAN MADU

DOSIS:
DEWASA : 100 cc,  Bila Sakit 2 x sehari (1/4 gelas)
Anak – anak : 50 cc, Jaga stamina 1 x sehari


  • KOCOK DAHULU SEBELUM DIMINUM
  • JANGAN DISIMPAN DI DALAM FREEZER DAN JANGAN DIMASAK DI ATAS PANAS API LANGSUNG.
  • KEDUA TINDAKAN TERSEBUT DAPAT MENGHILANGKAN KHASIAT SUSU KUDA
Pemesanan hub Bapak Abdullah Sani,ST
TELP/SMS/WA: 0812 798 6383



Harga Susu Kuda Liar Sumbawa Asli:
- Harga SKL Paket 1 botol harga @ Rp.105.000/Botol (Rp.105.000)
- Harga SKL Paket 3 botol harga @ Rp.95.000/Botol (Rp.285.000)
- Harga SKL Paket 6 botol harga @ Rp.90.000/Botol (Rp.540.000)
- Harga Diatas Belum Termasuk Ongkos Kirim

Alamat Toko Kami: Jl. Lintas Sumbawa (30 meter Barat Cabang Cakre / Perbatasan Kandaidua – Montabaru), Woja, Kabupaten Dompu – NTB



Kami melayani pemebelian dan pengiriman Susu Kuda Liar Sumbawa Asli ke:

Sumatra Utara
Medan, Asahan, Batubara, Dairi, Deli Serdang, Humbang Hasundutan, Karo, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Langka, Mandailing Natal, Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Pakpak Bharat, Samosir, Serdang Bedagai, Simalungun, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Binjai, Gunungsitoli, Padangsidempuan, Pematangsiantar, Sibolga, Tanjungbalai, Kota Tebing Tinggi.

Aceh
Banda aceh, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tamiang, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Bener Meriah, Bireuen, Gayo Lues, Nagan Raya, Pidie, Pidie Jaya, Simeulue, Langsa, Lhokseumawe, Sabang, Subulussalam.

Sumatra Barat
Padang, Agam, Dharmasraya, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, Sijunjung, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar, Bukittinggi, Kota Padang panjang, Pariaman, Payakumbuh, Kota Sawahlunto, Kota Solok.

JAMBI 
Batanghari, Bungo, Kerinci, Merangin, Muaro Jambi, Sarolangun, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tebo, Kota Jambi, Kota Sungai Penuh.

Riau
Bengkalis, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Dumai, Pekanbaru.

Kepulauan Riau
Batam, Bintan, Karimun, Kepulauan Anambas, Lingga, Natuna, Tanjung Pinang 

Bangka Belitung
Bangka, Sungai Liat, Bangka Barat, Toboali, Bangka Selatan, Mentok, Bangka Tengah, Koba, Belitung, Tanjung Pandan, Belitung Timur, Manggar, Pangkal Pinang.

Bengkulu
Bengkulu, Bengkulu Selatan, Manna, Bengkulu Tengah, Karang Tinggi, Bengkulu Utara,  Arga Makmur, Kaur, Bintuhan, Kepahiang, Kepahiang, Lebong, Muara Aman, Mukomuko, Rejang Lebong, Curup Seluma, Tais.

Sumatra Selatan
Palembang, Banyuasin, Pangkalan Balai Empat Lawang, Tebing Tinggi, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Sekayu, Musi Rawas, Muara Beliti Baru, Ogan Ilir, Indralaya, Ogan Komering Ilir, Kayu Agung, Ogan Komering Ulu, Baturaja, Ogan Komering Ulu Selatan, Muaradua, Ogan Komering Ulu Timur, Martapura, Lubuklinggau, Pagar Alam, Prabumulih.  

Lampung 
Bandar Lampung, Lampung Barat, Lampung Selatan, Lampung Tengah, Lampung Timur, Lampung Utara, Kota Bumi, Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Metro 

Jawa Barat
Bandung, Bandung Barat, Bekasi, Bogor, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Purwakarta, Subang, Sumedang, Tasikmalaya, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Cirebon, Depok, Sukabumi, Kota Tasikmalaya

Banten
Tangerang, Serang, Lebak, Pandeglang, Tangerang, Serang, Cilegon, Tangerang Selatan

Jakarta 
Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara

Jawa Tengah
Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Cilacap, Demak, Grobogan, Jepara, Karanganyar, Kebumen, Kendal, Klaten, Kudus, Magelang, Pati, Pekalongan, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Tegal, Temanggung, Wonogiri, Wonosobo, Pekalongan, Salatiga, Semarang, Surakarta 

Jawa Timur
Surabaya, Malang, Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, Malang, Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri, Madiun, Mojokerto, Pasuruan, Probolinggo 

Jogjakarta
Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Yogyakarta 

Bali 
Denpasar, Badung, Bangli, Buleleng, Gianyar, Jembrana, Karangasem, Klungkung, Tabanan 

Nusa Tenggara Barat
Bima, Dompu, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, Mataram 

NUSA TENGGARA TIMUR, 
Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Kupang, Lembata, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara,  Kupang 

GORONTALO
Boalemo, Bone Bolango, Gorontalo, Gorontalo Utara, Pohuwato,  Gorontalo

SULAWESI SELATAN, 
Makassar, Bantaeng, Barru, Bone, Bulukumba, Enrekang, Gowa, Jeneponto, Kepulauan Selayar, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Pangkajene dan Kepulauan, Pinrang, Sidenreng Rappang, Sinjai, Soppeng, Takalar, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Palopo, Parepare 

SULAWESI UTARA, 
Manado, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Kepulauan Talaud, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Utara, mobagu, Tomohon, 

SULAWESI TENGGARA
Bombana, Buton, Buton Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna, Wakatobi,  Bau-Bau,  Kendari

SULAWESI TENGAH
Palu, Banggai, Banggai Kepulauan, Buol, Donggala, Morowali, Parigi Moutong, Poso, Tojo Una-Una, Toli-Toli, Sigi

SULAWESI BARAT
Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Utara, Polewali Mandar

MALUKU
Buru, Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Maluku Tengah, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur,  Ambon,  Tual,

MALUKU UTARA, 
Halmahera Barat, Halmahera Tengah, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Kepulauan Sula, Halmahera Timur, Pulau Morotai,  Ternate,  Tidore Kepulauan

PAPUA
Asmat, Biak Numfor, Boven Digoel, Deiyai, Dogiyai, Intan Jaya, Jayapura, Jayawijaya, Keerom, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo, Yalimo,  Jayapura,

PAPUA BARAT, 
Fakfak, Kaimana, Manokwari, Maybrat, Raja Ampat, Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Sorong.

Meulaboh Blangpidie Janto Krueng Sabee/Calang Tapak Tuan Singkil Kuala Simpang Takengon Kutacane Idi Rayeuk Lhoksukon Lubuk Basung Kalabahi Kisaran Tanjung Balai Asahan Agats Menguwi Kuta Ngurah Rai Sanur Nusa Dua Paringin Soreang Majalaya Margahayu Rancaekek Ngamprah Lembang Cimareme Luwuk Banggai Sungai liat Belinyu Kelapa Mentok Jebus Toboali Koba Bangkalan Bangli Martapura Banjarnegara Bantaeng Bantul Pangkalan Balai purwokerto Ajibarang Banyumas Banyuwangi Marabahan Buntok Tamiang Layang Muara Teweh Barru Batang Muara Bulian Limapuluh Tanjung Pandan Manggar Atambua Simpang Tiga Redelon Bengkalis Duri Mandau Bengkayang Sungai Raya Kota Manna Arga Makmur Tanjung Redeb Biak Kota Woha Bintan Bireuen Blitar Wlingi Blora Cepu Tilamuta Bojonegoro Kotamobagu Rumbia Bondowoso Watampone Tanah Merah Boyolali Brebes Bumiayu Singaraja Bulukumba Tanjung Selor Muara Bungo Buol Namlea Pasar Wajo Ciamis Cianjur Cilacap Majenang Cilacap Selatan Sumber Losari

Palimanan Sidikalang Tigi Lubuk Pakam Tanjung Morawa Demak Pulau Punjung Kamu Dompu Banawa Tebing Tinggi Ende Enrekang FAK-FAK Larantuka Garut Kota Blang Kejeren Gianyar Sungguminasa Limboto Kwandang Gresik Purwodadi Wonosari Kuala Kurun Jailolo Labuha Weda Maba Tobelo Kandangan Barabai Amuntai Dolok Sanggul Tembilahan Rengat Indramayu Jatibarang Sugapa Sentani Wamena Jember Kaliwates Negara Jeneponto Jepara Jombang Kaimana Bangkinang Kuala Kapuas Putussibau Karanganyar Amlapura Karangasem Karawang Cikampek Tanjung Balai Karimun Kundur Kabanjahe Kasongan Kaur Sukadana Kebumen Gampengrejo Waris Kendal Kepahiang Tuapejat Pagai Selatan Tahuna Sanana Sungai Penuh Ketapang Klaten Semarapura Klungkung Kolaka Lasusua Unaaha Andolo/Wanggodo Kota Baru Bau - Bau Pangkalan Bun Sampit Teluk Kuantan Kubu Raya Kudus Wates Kuningan Oelamasi Kupang Barat Sendawar Tenggarong Sangatta Teluk Pandan Rantau Prapat Lahat Nanga Bulik Lamongan Ngabang

Stabat Babalan Binjai Rangkasbitung Lebong Lembata Sarilamak Daik Lingga Singkep Gerung Praya Selong Lumajang Malili / Soroako Belopa Masamba Caruban Mungkid Magetan Majalengka Jatiwangi Kadipaten Majene Kepanjen Malinau Kota Masohi Tual Saumlaki Mamasa Burmeso Mamuju Pasangkayu Panyabungan Ruteng Labuan Bajo Manokwari Kepi Maros Nanga Pinoh Bangko Meranti Merauke Timika Tembaga Pura Tondano Ratahan Mojokerto Bungku Muara Enim Lawang Kidul Sengeti Muko-muko Raha Puruk Cahu Sekayu Sungai Lilin Muara Beliti Baru Nabire Suka Makmue Mbay Ranai Bajawa Nganjuk Ngawi Gunung Sitoli Teluk Dalam Nunukan Sebatik Indralaya Kota Kayu Agung Baturaja Muaradua Martapura Pacitan Sibuhuan Gunung Tua Pariaman Lubuk Alung Marisa Salak Pangkalan Kerinci Pamekasan Penajam Pandeglang Pangkajene Enarotali Parigi Lubuk Sikaping Simpang Empat Tanah Grogot Pandaan Pati Oksibil Pekalongan Pemalang Painan Sigli Meureudu Pinrang

Polewali Ponorogo Mempawah Siantan / Wajok Poso Kota Probolinggo Dringu Kraksaan Leces Paiton Pulang Pisau Mulia Purbalingga Rembang Purwakarta Purworejo Purwodadi Waisai Curup Rembang Bagan Siapi-api Pasir Pangaraian Ujung Batu Baa Sambas Pangururan Sampang Sanggau Sarmi Sarolangun Sekadau Hilir Benteng Tais Ungaran Ambarawa Baros Anyar Sei Rampah Kuala Pembuang Siak Indrapura Minas Sidoarjo Muaro Sijunjung Maumere Pematang Raya Sinabang Sidenreng Sinjai Sintang Situbondo Sleman Prambanan Arosuka Padang Aro Watansoppeng Sorong Teminabuan Sragen Subang Sukabumi Cisaat Pelabuhan Ratu Sukaraja Sukamara Sukoharjo Kartasura Waikabubak Tambolaka Waingapu Sumbawa Besar Sumbawa Taliwang Sumedang Jatinangor Sumedang Selatan Tanjungmedar Sumenep Sorendiweri Tanjung Tabanan Takalar Karubaga Rantau Tanah Tidung Makale Rantepao Batu Licin Batu Sangkar Pelaihari Kualatungkal Muara sabak Sipirok Sibolga Tarutung Siborong-Borong Singaparna Muara Tebo Slawi Bintuni Rasei Temanggung Soe Kefamenanu Balige Ampana Kota Toli-Toli Trenggalek Tuban Tulungagung Sengkang Wangi-Wangi Wonogiri Wonosobo Serui

0 Response to "Susu Kuda Liar Asli Sumbawa"

Posting Komentar