Pusat Susu Kuda Liar Sumbawa, Alamat: Jl. Lintas Sumbawa , Woja, Kabupaten Dompu – NTB, Indonesia, Telp 0812 798 6383

Susu Kuda Liar Sumbawa Asli Sumbawa


Susu Kuda Liar -Susu kuda liar yang paling populer di Indonesia adalah berasal dari Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat sehingga susu-kuda-liar-rahasiadi sebut sebagai susu kuda sumbawa. Sebenarnya di Pulau Sumbawa terdapat beberapa kabupaten lain, adalah Kabupaten Dompu, sebuah kabupaten yang terletak di tengah Pulau Sumbawa, antara Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima. Dompu cukup dikenal lantaran menghasilkan produk Susu Kuda yang karena berkembang biak dengan pola di lepas di hutan dan gunung di sekitar wilayah Dompu muncul sebutan air susu yang dihasilkannya sebagai susu kuda liar, yang kini lebih di kenal dengan sebutan susu kuda sumbawa guna menghindari kesalah fahaman. Kandungan susu kuda liar hampir sama seperti susu sapi atau hewan lainnya, namun susu kuda punya keuggulan karena protein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi sehingga cocok untuk bayi atau orang yang intoleransi laktosa.

“Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, terdapat pelajaran yang penting bagi kamu. Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat manfaat yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan,” (QS. Al-Mukminun: 21)

Selain susu sapi yang lebih banyak dimanfaatkan dan dikenal selama ini, rupanya masih ada hewan memamah biak lainnya yang juga menghasilkan susu dan tentu saja jika dilihat dari sudut pandang agama pun masih termasuk kategori halal. Asalkan cara mendapatkan dan cara mengolahnya sesuai syariat yang sudah ditentukan Sang Pencipta melaui Kitab Sucinya.

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah,” (Q.S An-Nahl: 114)

Dalam 100 gram susu kuda liar sumbawa terdapat 0,8 persen protein sedangkan susu sapi mencapai 3,2 persen. Susu kuda sumbawa juga punya rasa yang gurih karena kandungan gulanya lebih tinggi mencapai 6,8 persen dibanding susu sapi 4,6 persen. Dalam tiap 100 gram susu kuda sumbawa menghasilkan 44 kalori, yang lebih sedikit daripada susu sapi yang sebesar 64 kalori sehingga membuat orang yang minum susu kuda tidak cepat gemuk. Tidak hanya memasok kebutuhan kalsium, di setiap tetes susu kuda liar juga menyimpan beberapa khasiat lainnya.
Manfaat Susu Kuda Liar Sumbawa

Berbicara mengenai manfaat tentunya sangatlah banyak, salah satunya adalah sebagai pemasok nutrisi yang lengkap. Seperti jenis susu lainnya, kuda juga menghasilkan cairan lezat lengkap dengan komponen senyawanya antara lain lemak, kalsium beragam vitamin seperti A, B, C dan juga E, kalium, kalsium, magnesium, protein, zat besi dan masih banyak lagi lainnya. Istimewanya, susu kuda liar sumbawa memiliki rantai protein yang lebih sederhana sehingga jauh lebih mudah dicerna. Selain bermanfaat sebagai sumber nutrisi, juga baik untuk menambah daya tahan bayi terutama yang dilahirkan secara prematur. Hal ini dikarenakan susu kuda liar sumbawa memiliki anti bakteri alamiah yang terkandung di dalam setiap tetesnya Berkhasiat Menghalau Penyakit.

Selain hal di atas Manfaat susu kuda sumbawa menurut beberapa penelitian klinis dianggap jauh lebih bisa menghalau penyakit jika dibandingkan dengan kuda yang diternakkan. Hal ini disebabkan kualitas kuda yang dilepas di alam liar jauh lebih baik daripada kuda yang hidup di kandang. Seperti seorang ibu, ASI terbaik juga bersumber dari wanita yang kualitas emosionalnya  lebih baik.


Berdasarkan penelitian juga testimony, berikut manfaat susu kuda liar yang telah terbukti:

Menyembuhkan radang usus. Hal ini didasarkan pada penelitian sebuah Universitas di Jerman. Berdasarkan temuan mereka, susu kuda  liar mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus manusia sehingga perlawanan terhadap bakteri buruk bisa dua kali lebih baik. Dengan demikian zat kurang baik di dalam usus bisa direduksi.

Menyembuhkan eksim. Manfaat susu kuda liar sumbawa yang satu ini banyak diyakini oleh masyarakat. Caranya cukup mudah, kentalkan susu kuda liar dan campurkan dengan lidah buaya setelah itu balurkan pada kulit yang terkena eksim.

Jika didasarkan pada keyakinan masyarakat maka manfaat susu kuda liar lainnya adalah menyeimbangkan kadar gula di dalam darah, mencegah stroke ringan maupun berat dengan cara mengontrol tekanan darah, memelihara organ tubuh seperti ginjal dan paru-paru, meringankan penyakit asma juga liver, dan masih banyak lagi lainnya. Memang belum diteliti secara medis, namun jika didasarkan pada kompleksnya nutrisi dalam setiap tetes susu kuda sumbawa, maka sederet manfaat tersebut benar adanya.

Testimoni Konsumen Susu Kuda Liar

Adapun khasiat susu kuda liar ini bisa dirasakan hanya dengan mengkonsumsi 25-50 cc setiap hari, bisa sekali atau dua kali. Efek dari susu kuda liar ini sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan, hal ini disebabkan susu kuda banyak mengandung prebiotik alami. Hanya dengan dosis yang dianjurkan atau sebanyak 50cc, maka prebiotiknya sudah dapat secara optimal menekan jumlah bakteri jahat yang terdapat dalam saluran pencernaan, berbagai penyakit yang muncuk pada saluran pencernaan seperti tifus, kolera, disentri juga TBC, Leukimia dan Tumor . Susu kuda liar sumbawa juga dapat menjaga kebugaran tubuh, memperbaiki stamina yang loyo. Tentang peredaran susu kuda liar asal Dompu sempat dilarang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) karena dinilai promosi susu ini bersifat menyesatkan dan khasiatnya meragukan karena belum diuji coba secara klinis. Namun semua itu kini terbantahkan berkat penelitian seorang Doktor IPB (Dr. Diana Hermawati).

Untuk sampel di luar negeri, di Rusia sejak tahun 1962 susu kuda dipakai di banyak Rumah Sakit terutama di daerah Samara, Moskwa, Leningrad, Volinsk, jika dihitung sudah ada sebanyak 23 rumah sakit di Rusia yang memanfaatkan susu kuda. Susu kuda di Rusia di olah menjadi Koumis yang di gunakan untuk Koumis teraphy untuk mengobat penyakit-penyakit seperti tuberculosis (TBC), saluran pencernaan, avitaminosis, anemia (kurang darah), penyakit kardiovaskuler, lever dan ginjal.

Lebih lanjut, masyarakat yang mengkonsumsi susu kuda liar sumbawa yakin khasiatnya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti kanker, tuberkulosis paru-paru, saluran kencing, anemia, saluran pencernaan dan jenis penyakit lainnya yang tidak dapat ditanggulangi oleh dokter, sehingga oleh masyarakat sering disebut sebagai ‘obat dewa’. Walaupun sebagian masyarakat yang menyangsikan khasiat susu kuda liar Sumbawa sebagai obat, sebagaimana dikutip dari pemberitaan beberapa media masa. Sementara, hasil pengujian di Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di beberapa daerah menunjukkan bahwa susu kuda liar bersifat asam dengan, pH 3-4, tidak mengandung bakteri patogen, bahan pengawet maupun bahan yang membahayakan, serta nilai gizinya baik dan kadar lemaknya rendah, yaitu 0,97%.susukudaliar-cap-jara-saneo

Setelah khasiatnya, tentu saja setiap produk itu ada efek sampingnya dari beberapa konsumen kami sebagai agen susu kuda liar sumbawa ini, di ungkapkan terdapatnya efek samping, hal tersebut terjadi karena kondisi perut atau pencernaan konsumen tersebut tidak cocok dengan susu kuda sumbawa, atau tidak dapat menerima susu kuda sumbawa. Pada umumnya, reaksi awal biasanya terjadi 2–3 jam setelah mengkonsumsi, pada penderita penyakit jantung dan paru paru, dada akan terasa sesak dan panas, namun efek yang demikian tersebut tidaklah lama, hal tersebut terjadi karena proses yang terjadi dalam tubuh, dimana susu kuda tersebut memerangi penyakit yang ada. Susu kuda sumbawa asli yang telah difermentasi khasiatnya lebih baik daripada yang segar. Fermentasi yang terjadi juga sangatlah baik, karena fermentasi tersebut terjadi tanpa menambahkan bahan-bahan apapun dari luar, terjadi secara alami saja. Untuk mengurangi rasa asamnya, susu kuda liar sumbawa ditambahkan madu saat mengkonsumsinya. Pada penderita Maag, sebaiknya mengkonsumsi susu kuda liar ini setelah makan dan dikonsumsi 2x sehari.

Menurut peneliti utama pada Puslitbang Gizi Depkes RI Dr Hermana MSc APU, susu kuda, terutama susu kuda liar sumbawa, lebih cocok dikonsumsi bayi, karena komposisi kandungan gizinya sangat mendekati air susu ibu (ASI). Dosen tamu di Institut Peranian Bogor ini menjelaskan kadar casein, laktosa, lemak, protein, dan mineral, serta komposisi asam lemaknya pun terdiri dari asam lemak rantai pendek yang mudah diserap. Jika dilihat dari komposisinya maka susu kuda liar tidak berbeda dengan susu jenis lain, namun menurut laporan FAO komposisi kadar gizi yang ada dalam susu kuda liar mendekati atau mirip dengan ASI, jika dibandingkan dengan susu sapi segar yang tidak cocok untuk dikonsumsi oleh bayi. Kandungan casein yang tinggi pada susu sapi segar akan menggumpal dan susah dicerna pada saluran pencernaan bayi. Proses fermentasi yang terjadi pada susu kuda, adalah mengubah laktosa menjadi asam, hal tersebut membantu melancarkan pencernaan, proses fermentasi juga berfungsi untuk menghindari penggumpalan protein.

Cara Penyajian
  • Siapkan Air Panas Dalam Mangkuk.
  • Masukan susu kuda  liar sesuai dosis ke dalam gelas.
  • Rendam gelas yang berisi susu kuda liar ke dalam mangkuk yang berisi air panas.
  • Setelah susu hangat kuku bisa langsung di minum (bisa ditambah Madu).
  •  AKAN LEBIH BERKHASIAT JIKA DICAMPUR DENGAN MADU

DOSIS:
DEWASA : 100 cc (untuk terapi 2 x sehari  1/2 gelas)
Anak – anak : 50 cc ( Bila Sakit 2 x sehari  1/4 gelas)
Untuk menjaga Kesehatan/stamina 1 x sehari dari dosis.

=====================================================
  • KOCOK DAHULU SEBELUM DIMINUM
  • JANGAN DISIMPAN DI DALAM FREEZER DAN JANGAN DIMASAK DI ATAS PANAS API LANGSUNG.
  • KEDUA TINDAKAN TERSEBUT DAPAT MENGHILANGKAN KHASIAT SUSU KUDA SUMBAWA ASLI
=====================================================
*HATI – HATI BARANG TIRUAN*

Beda Produk Asli dan Palsu
Pada Kemasan CV. MEDIA INSANI – DOMPU terdapat segel khusus

SUSU KUDA LIAR SUMBAWA ASLI Cap : Jara Saneo
Diambil dari kuda pilihan Desa Saneo, Kabupaten Dompu – NTB. Merupakan daerah yang sudah lama dikenal sebagai penghasil susu kuda liar asli berkualitas tinggi. Susu kuda liar murni sangat berkhasiat untuk membantu proses pemulihan penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Netto: 500 ml
CV. MEDIA INSANI – DOMPU
Di kemas oleh : CV. MEDIA INSANI

Harga Susu Kuda Liar Sumbawa Asli:
- Harga SKL Paket 1 botol harga @ Rp.100.000/Botol (Rp.100.000)
- Harga SKL Paket 3 botol harga @ Rp.95.000/Botol (Rp.285.000)
- Harga SKL Paket 6 botol harga @ Rp.90.000/Botol (Rp.540.000)
- Harga Diatas Belum Termasuk Ongkos Kirim

Pemesanan hub Bapak Abdullah Sani,ST
TELP/SMS/WA: 0812 798 6383


Alamat Toko Kami: Jl. Lintas Sumbawa (30 meter Barat Cabang Cakre / Perbatasan Kandaidua – Montabaru), Woja, Kabupaten Dompu – NTB

Daftar Radio Di Indonesia:
Radio Istiqomah Arun FM Aceh Utara
Radio Bujang Salim FM Aceh Utara
Radio Vina Vira FM Aceh Utara
Radio RRI Pro-1 Lhokseumawe
Radio RRI Pro-2 Lhokseumawe
Radio RRI Pro-3 Lhokseumawe
Radio Megaphone FM Banda Aceh
Radio Askar FM Pidie
Radio Nikoya FM Banda Aceh
Radio Flamboyan FM Banda Aceh
Radio Prima FM Banda Aceh
Radio Jati FM Banda Aceh
Radio KISS FM Banda Aceh
Radio Fresh One FM Banda Aceh
Radio Suara Banda Aceh FM Banda Aceh
Radio Antero FM Banda Aceh
Radio Kon FM Banda Aceh
Radio Toss FM Banda Aceh
Radio Baiturrahman FM Banda Aceh
Radio SIS FM Banda Aceh
Radio A-Radio FM Banda Aceh
Radio Meugah FM Banda Aceh
Radio Three FM Banda Aceh
Radio Seulaweut FM Banda Aceh
Radio Serambi FM Banda Aceh
Radio Binkara FM Banda Aceh
Radio Pro FM Sabang
Radio Musi FM Kota Palembang
Radio Eljhon FM Kota Palembang
Radio Chandra Buana FM Kota Palembang
Radio Sriwijaya FM Kota Palembang
Radio RRI Pro 1 FM Kota Palembang
Radio RRI Pro 3 FM Kota Palembang
Radio Sentra FM Kota Palembang
Radio Female FM Kota Palembang
Radio OZ FM Kota Palembang
Radio RRI Pro 2 FM Kota Palembang
Radio Trijaya FM Kota Palembang
Radio Radio CITRA ATLAS Kota Lubuk Linggau
Radio Radio PAPEJA Kota Lubuk Linggau
Radio Radio DKJFM Kota Lubuk Linggau
Radio Radio Sonora Kepulauan Bangka Belitung
Radio Kelapa Indah Jambi
Radio Irma Nada Jambi
Radio Swara Kencana Kota BukitTinggi
Radio SSBS FM Kota Padang
Radio RezaFM Kab. Pasaman
Radio Radio Komunitas Gama Smanthr3 FM Kota Padang
Radio Prosport 92,4 FM Kota Padang
Radio Pronews 90 FM Kota Padang
Radio Prodangdut Kota Padang
Radio Jelita Kota BukitTinggi
Radio Favorit FM Kota Padang
Radio ElsiFM Kota BukitTinggi
Radio Classy FM Kota Padang
Radio Boos FM Kota Padang
Radio Top FM Kota Pandang Panjang
Radio 101 Arbes FM Kota Padang
Radio KISS Medan
Radio Prambors Medan
Radio Smong FM Simeulue
Radio Citra Pesona FM Aceh Singkil
Radio Xtra FM Aceh Singkil
Radio Telangke FM Gayo Lues
Radio Gipsi FM Aceh Timur
Radio Dalka FM Aceh Barat
Radio Matahari FM (Radio Komunitas) Aceh Barat
Radio Kofa FM Aceh Selatan
Radio SIT FM Aceh Selatan
Radio DB 99 FM Aceh Tenggara
Radio Rapeja FM Aceh Jaya
Radio Amanda FM Aceh Tengah
Radio Andyta FM Bireun
Radio Getsu FM Bireun
Radio Citra FM Bireun
Radio Surya FM Aceh Utara
Radio Adyemaja FM Aceh Utara
Radio Radio Discovery Minang (Radio Elshinta) Kota Batam
Radio Radio Ramako Batam (Batam FM) Kota Batam
Radio Radio Swara Wira Perkasa (Radio Wira FM) Kota Batam
Radio Gress Radio Batam Kota Batam
Radio Radio The Younger’s Station SeiLa Radio (PT,Lintas Sei Ladi) Kota Batam
Radio Radio Suara Marga Semesta (Radio Sing FM) Kota Batam
Radio Radio Galaxy Kota Tanjungpinang
Radio Radio Swara Pesona Bintan (Radio Club FM) Kota Tanjungpinang
Radio Radio BISS FM Kab. Bintan (Kep. Riau)
Radio Radio ROK FM Kab. Karimun
Radio Radio Persada FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Aditya FM Kota Pekanbaru
Radio Radio RRI Prog2 FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Pluss FM Kota Pekanbaru
Radio Radio IKMI FM Kota Pekanbaru
Radio Radio RRI Prog1 FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Robbani FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Persada FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Indra FM Kota Pekanbaru
Radio Radio SF3 Kota Pekanbaru
Radio Radio Mentari FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Jalur Sakti Kota Pekanbaru
Radio Radio POP FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Pondasi FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Graha FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Bharabas FM Kota Pekanbaru
Radio Radio ARFM Kota Pekanbaru
Radio Radio RRI Prog3 FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Smart Mandiri FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Audi FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Racika FM Kota Pekanbaru
Radio Radio CBSFM Kota Pekanbaru
Radio Radio Monaria FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Suara Arum Cendana FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Clapita Emas FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Warna FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Pas FM Kota Pekanbaru
Radio Radio Gress FM Kota Pekanbaru
Radio Global FM Kota Palembang
Radio Dangdut TPI FM Kota Palembang
Radio Ramona FM Kota Palembang
Radio Lanugraha FM Kota Palembang
Radio Momea FM Kota Palembang
Radio LCBS FM Kota Palembang
Radio Sonora FM Kota Palembang
Radio Smart FM Kota Palembang
Radio DP FM Kota Palembang
Radio SPI FM Kota Palembang
Radio Elita FM Kota Palembang
Radio Real FM
Radio Radio El-Gangga DKI Jakarta
Radio Classical, News and Jazz (CNJ Radio) DKI Jakarta
Radio Female Radio DKI Jakarta
Radio Delta FM DKI Jakarta
Radio Gen FM DKI Jakarta
Radio Radio Kayumanis DKI Jakarta
Radio Radio Dangdut-TPI DKI Jakarta
Radio Radio Pelita Kasih (RPK FM) DKI Jakarta
Radio Smart FM DKI Jakarta
Radio Radio Alaikassalam Sejahtera Jakarta PT.(RAS FM) DKI Jakarta
Radio KIS FM DKI Jakarta
Radio U FM (Agustina Yunior) DKI Jakarta
Radio Garda Asia Bumi (Woman Radio) DKI Jakarta
Radio MERSI FM DKI Jakarta
Radio MD FM(Merpati Dharmawangsa FM) DKI Jakarta
Radio RRI Jakarta Pro 4 DKI Jakarta
Radio PAS FM Jakarta DKI Jakarta
Radio PAS FM: DKI Jakarta
Radio Radio Sonora DKI Jakarta
Radio Indika Milenia (Indika FM) DKI Jakarta
Radio RRI Jakarta Pro 1 DKI Jakarta
Radio Suara Gema Pembangunan Utama (SP FM) DKI Jakarta
Radio Cosmopolitan FM DKI Jakarta
Radio Elshinta: DKI Jakarta
Radio I-Radio DKI Jakarta
Radio Green Radio DKI Jakarta
Radio RRI Jakarta Pro 3 DKI Jakarta
Radio Arief Rahman Hakim (Global Radio) DKI Jakarta
Radio Mustang FM DKI Jakarta
Radio Hard Rock FM DKI Jakarta
Radio Hana Citra Swara Jakarta, PT, DKI Jakarta
Radio Ragesa Radio DKI Jakarta
Radio RRI 1332 AM Jakarta DKI Jakarta
Radio Perkumpulan Mahasiswa Univ. Tarumanagara – DKI Jakarta
Radio Suara Mega Asri Indonesia, PT, Jakarta DKI Jakarta
Radio Siaran Pusat Cendrawasih, PT, Jakarta DKI Jakarta
Radio Suara Multazam, PT, Jakarta DKI Jakarta
Radio RRI Jakarta DKI Jakarta
Radio Puspa Dwi Cipta Swara, PT, P2SC Jakarta DKI Jakarta
Radio Buana Komunika, PT, Radio Univ. Mercu Buana, DKI Jakarta
Radio Radio Suara As Syafi’iyah, PT DKI Jakarta
Radio Gracia, PT, Jakarta DKI Jakarta
Radio Tona, PT, Batak’s Radio Station, Jakarta DKI Jakarta
Radio Sekuntum Bunga Yonina, PT DKI Jakarta
Radio Suara Melin Perdana, PT DKI Jakarta
Radio Radio GFan Bethelindo (Radio GFan) Kota Batam
Radio Radio Era Baru (Xi wang zhi sheng) Kota Batam
Radio Radio BiGS Kota Batam
Radio Radio Kencana Ria Indah Suara (Kei FM) Kota Batam
Radio Radio Hang FM Kota Batam
Radio RRI Bogor Pro-1 FM Kota Bogor
Radio Radio Swara Lidya Sari (Radio TABIR) FM Kota Bogor
Radio Radio Swara Irama Kusuma Sena (Radio Elpas) FM Kota Bogor
Radio Radio Citra Mega Swara (Megaswara FM) FM Kota Bogor
Radio Radio Ika Lesmana FM Kota Bogor
Radio Radio Tegar Beriman (Pemerintah Kabupaten Cibinong) FM Kota Bogor
Radio Radio Siaran Pemerintah Kota Bogor FM Kota Bogor
Radio Agri FM Kota Bogor
Radio LPK Perkumpulan Pelaku Agribisnis dan Wirausaha Caraka Buana Suara – CBSNFM Kota Sukabumi
Radio Radio Kiwari FM Kab. Sukabumi
Radio Radio Dakta Kab. Bekasi
Radio Radio Elgangga Kota Bekasi
Radio M2 Radio Kab. Bekasi
Radio Gaya Kab. Bekasi
Radio Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang Kab. Pandeglang
Radio Radio Siaran Pemerintah Daerah Kabupaten Serang Kota Serang
Radio Radio Siaran Pemerintah Kota Cilegon Kota Cilegon
Radio HOT Radio Kota Serang
Radio Pimas FM Kota Serang
Radio Dimensi FM Kota Serang
Radio Radio Citra Mega Swara (Megaswara FM) FM Kota Serang
Radio Krakatau FM Banten
Radio Banten FM Kota Cilegon
Radio TOP FM Kota Cilegon
Radio PBS FM (Pahla Buana Sakti) Kota Serang
Radio Bergaya Nyanyian Irama Sejati, PT – Bens Radio Kab. Tangerang
Radio Suara Tunggal Angakasa Raya, PT – STAR FM Kota Tangerang
Radio Heartline FM Banten
Radio Radio Agnesta FM Kab. Lebak
Radio Radio Prima FM Kota Cilegon
Radio Radio Pass FM Kota Cilegon
Radio Radio EMC FM Kab. Tangerang
Radio Radio Harmoni FM Kota Serang
Radio Radio Paranti FM Kab. Pandeglang
Radio Suara Metro (Polda Metro Jaya) DKI Jakarta
Radio Sabda Sosok Sohor, PT Radio Muara DKI Jakarta
Radio Benz Radio DKI Jakarta
Radio Ramako Jaya Raya, PT. Ramako FM DKI Jakarta
Radio Niaga Chakti Bhudi Bhakti, PT – CBB FM DKI Jakarta
Radio RRI Jakarta Pro 2 (Pro 2 FM) DKI Jakarta
Radio Trijaya Shakti, PT FM DKI Jakarta
Radio Media Suara Trisakti, PT FM DKI Jakarta
Radio IMAX – Community Radio FM DKI Jakarta
Radio Pesona Gita Anindita, PT – Pesona FM DKI Jakarta
Radio Taman Mini, PT (D Radio) DKI Jakarta
Radio Pop FM Jakarta DKI Jakarta
Radio Camajaya Surya Nada, PT – Radio Camajaya DKI Jakarta
Radio Prambors FM DKI Jakarta
Radio Trax FM DKI Jakarta
Radio 101 Jak FM DKI Jakarta
Radio Rasuci FM Kab. Kuningan
Radio Radio Komunitas Majlis Ta’lim NH FM Kab. Karawang
Radio KC-10 Kab. Indramayu
Radio Gracia FM Kab. Cirebon
Radio Maritim FM Kab. Cirebon
Radio Cakra Buana FM Kab. Cirebon
Radio Radio Anti Stres FM Kab. Cirebon
Radio Salma FM Kab. Cirebon
Radio Sindang Kasih Kab. Cirebon
Radio Prima Sonata FM Kab. Cirebon
Radio Cirebon FM Kab. Cirebon
Radio IS Radio FM Kab. Cirebon
Radio Swara Mulya Afrindo Rekatama FM Kab. Cirebon
Radio Gita Suara FM Kab. Cirebon
Radio Nuansa FM Kab. Cirebon
Radio RRI Pro 2 FM Kab. Cirebon
Radio PilaRADIO Kab. Cirebon
Radio DBFM The Family Station Kota Cirebon
Radio AR Kota Cimahi
Radio Radio SKY Kota Bandung
Radio Radio Walagri Kota Bandung
Radio Monalisa FM Kota Bandung
Radio Radio Zora FM Kota Bandung
Radio Pop FM Bandung Kota Bandung
Radio I Radio Bandung Kota Bandung
Radio ard Rock FM Bandung Kota Bandung
Radio PoshWay Kota Bandung
Radio GRG Radio Bandung Kota Bandung
Radio Radio Global, relay Radio Elshinta Kota Bandung
Radio K-Lite FM Kota Bandung
Radio MQ FM Kota Bandung
Radio Radio Maraghita FM Kota Bandung
Radio B Radio Kota Bandung
Radio Maestro FM Kab. Bandung
Radio Buzz FM Kota Bandung
Radio 99ers Radio Bandung Kota Bandung
Radio Oz Radio Bandung Kota Bandung
Radio KLCBS Kota Bandung
Radio Radio Ardan Bandung Kota Bandung
Radio Radio Paramuda Bandung Kota Bandung
Radio Rase FM Bandung Kota Bandung
Radio Trijaya FM Bandung Kota Bandung
Radio Radio Raka FM Kota Bandung
Radio rambors Radio Bandung Kota Bandung
Radio FeMale Radio Kota Bandung
Radio Delta FM Kota Bandung
Radio Radio MGT Kota Bandung
Radio U-FM Bandung Kota Bandung
Radio Mitra Carita 16, PT – Music City (MC Kota Bogor
Radio RRI Bogor Pro-3 FM Kota Bogor
Radio TOP FM Kab. Semarang
Radio RRI Pro-1 FM Kab. Semarang
Radio Pas FM Kab. Semarang
Radio Elisa FM Kota Salatiga
Radio Zenith FM Kota Salatiga
Radio Swara Salatiga FM Kota Salatiga
Radio Pesona FM Kota Salatiga
Radio Prima FM Banjarnegara Kab. Banyumas
Radio RRI PRO 3 Kab. Banyumas
Radio Ria FM Kab. Banyumas
Radio Metro FM Kab. Banyumas
Radio Radenmas FM Baturaden Kab. Banyumas
Radio Mitra FM Kab. Banyumas
Radio Satria Ajibarang Kab. Banyumas
Radio Crez FM Kab. Banyumas
Radio Suara Purwokerto FM Kab. Banyumas
Radio Paduka FM Kab. Banyumas
Radio Pop FM Banyumas Kab. Banyumas
Radio Prima FM Kab. Banyumas
Radio RRI Pro 2 FM Kab. Banyumas
Radio Dian Swara FM Kab. Banyumas
Radio Jalesveva FM Juwana Kab. Pati
Radio Harbos FM Kab. Pati
Radio Boswin FM Kab. Pati
Radio Pop FM Kab. Pati
Radio Pragola FM Kab. Pati
Radio Pas FM Pati Kab. Pati
Radio Pesantenan FM Kab. Pati
Radio Purbowangi FM Kab. Kebumen
Radio Prima FM Kab. Kebumen
Radio MAS FM Kab. Kebumen
Radio Bima Sakti FM Kab. Kebumen
Radio SKB POP FM Kab. Kebumen
Radio IN FM Kab. Kebumen
Radio Ardhana FM Kab. Kebumen
Radio R-lisa FM Kab. Kudus
Radio RTK FM Kab. Kudus
Radio Pamira FM Kab. Kudus
Radio Gelora FM Kab. Kudus
Radio Pop kudus FM Kab. Kudus
Radio Suara Kudus FM (RSPD) Kab. Kudus
Radio Muria AM Kab. Kudus
Radio Manggala FM Kab. Kudus
Radio Radio BSA (Berhias Suara Angkasa) Kab. Brebes
Radio RSPD Brebes- Singosari News FM Ketanggungan Kab. Brebes
Radio Top FM Bumiayu Kab. Brebes
Radio MS Radio Limbangan Kab. Brebes
Radio Gemilang FM Brebes Kab. Brebes
Radio Pop FM Brebes Kab. Brebes
Radio Kost FM Kab. Kuningan
Radio Elshinta Tegal Kota Tegal
Radio Sananta Gelora Kota Tegal
Radio La Bamba FM Kota Tegal
Radio Pedan radio Kota Surakarta
Radio IC Kota Surakarta
Radio RWK Kota Surakarta
Radio Candisewu Kota Surakarta
Radio Salma Kota Surakarta
Radio Prima Kota Surakarta
Radio Pujangga Kota Surakarta
Radio STAR FM Kota Surakarta
Radio Solopos Kota Surakarta
Radio Metta Kota Surakarta
Radio Kharisma Kota Surakarta
Radio Swara Graha Kota Surakarta
Radio Ria Kota Surakarta
Radio JPI Kota Surakarta
Radio MQ Kota Surakarta
Radio Suara Slenk Kota Surakarta
Radio GSM Kota Surakarta
Radio SAS Kota Surakarta
Radio Jimbaran FM Kota Surakarta
Radio PTPN Rasitania Kota Surakarta
Radio Solo Radio Kota Surakarta
Radio Prambors Radio Kota Surakarta
Radio PAS Kota Surakarta
Radio Karavan FM Kota Surakarta
Radio Rhema Radio FM Kab. Semarang
Radio Radio Dakwah Islam (DAIS) FM Kab. Semarang
Radio Rasika FM Kab. Semarang
Radio Suara Sakti FM Kab. Semarang
Radio IMELDA Kab. Semarang
Radio Kis FM Kab. Semarang
Radio Jatayu FM Kab. Semarang
Radio GajahMada FM Kab. Semarang
Radio Prambors FM Kab. Semarang
Radio IBC FM Kab. Semarang
Radio RCTFM Kab. Semarang
Radio Radiks FM Kab. Semarang
Radio Merci FM Kab. Semarang
Radio Gaya FM Kab. Semarang
Radio Pro Alma FM Kab. Semarang
Radio Suara Semarang FM Kab. Semarang
Radio Female FM Kab. Semarang
Radio RRI Pro-2 FM Kab. Semarang
Radio Smart FM Kab. Semarang
Radio Elshinta FM Kab. Semarang
Radio RRI Pro-3 FM Kab. Semarang
Radio TRAX FM Semarang Kab. Semarang
Radio Trijaya FM Semarang Kab. Semarang
Radio Tidar FM Kab. Malang
Radio Pro FM Kab. Malang
Radio Kencana FM Kab. Malang
Radio Global FM Dl Yogyakarta
Radio Suara Indrakila FM Dl Yogyakarta
Radio Uty FM Dl Yogyakarta
Radio Geronimo FM Dl Yogyakarta
Radio Petra FM Dl Yogyakarta
Radio Rakosa FeMale Radio FM Dl Yogyakarta
Radio Unisi FM Dl Yogyakarta
Radio Ardhia FM Dl Yogyakarta
Radio FeMale Radio FM Dl Yogyakarta
Radio Disaga FM Dl Yogyakarta
Radio RRI Pro 3 FM Dl Yogyakarta
Radio RRI Pro 2 FM Dl Yogyakarta
Radio Eltira FM Dl Yogyakarta
Radio Swaragama FM Dl Yogyakarta
Radio Star FM (radio gaul-nya Jogja) FM Dl Yogyakarta
Radio Channel 5 FM Dl Yogyakarta
Radio Andalan Muda FM Dl Yogyakarta
Radio Prima FM Dl Yogyakarta
Radio Radio Anak Jogja FM Dl Yogyakarta
Radio Retjo Buntung FM Dl Yogyakarta
Radio Vedac FM Dl Yogyakarta
Radio GCD FM Dl Yogyakarta
Radio Pop FM Yogya FM Dl Yogyakarta
Radio EMC FM Dl Yogyakarta
Radio Sonora FM Dl Yogyakarta
Radio Trijaya FM Dl Yogyakarta
Radio Ista FM Dl Yogyakarta
Radio Prambors FM Dl Yogyakarta
Radio Yasika FM Dl Yogyakarta
Radio Masdha FM Dl Yogyakarta
Radio Kotaperak FM Dl Yogyakarta
Radio Radio Persatuan Bantul FM Dl Yogyakarta
Radio Pratama FM Dl Yogyakarta
Radio Rama FM Dl Yogyakarta
Radio Swara Argo Sosro FM Dl Yogyakarta
Radio MBS FM Dl Yogyakarta
Radio MQ FM Dl Yogyakarta
Radio Amega (Aristia Megaswara) FM Dl Yogyakarta
Radio RRI Pro 1 FM Dl Yogyakarta
Radio PTDI Medari FM Dl Yogyakarta
Radio Sasando FM Dl Yogyakarta
Radio Rasia Lima FM Dl Yogyakarta
Radio Fantasy FM Dl Yogyakarta
Radio I Radio FM Dl Yogyakarta
Radio Q Radio FM Dl Yogyakarta
Radio Arma Sebelas/Radio Dangdut TPI FM Dl Yogyakarta
Radio Paramount Kota Tegal
Radio Kanjuruhan FM Kab. Malang
Radio Tritara FM Kab. Malang
Radio Mitra Adiswara FM Kab. Malang
Radio Puspita FM Kab. Malang
Radio Radio Gita FM Kab. Malang
Radio Radio Malang Kucecwara – FM Kab. Malang
Radio FM Voice Brawijaya One Kab. Malang
Radio UM FM Kab. Malang
Radio Radio Duta FM Kab. Malang
Radio Radio Kencana FM Kab. Malang
Radio Radio KDS8 – FM Kab. Malang
Radio Radio Solagracia – FM Kab. Malang
Radio Pionir FM Kab. Malang
Radio Radio Kosmonita – FM Kab. Malang
Radio Radio DJFM – FM Kab. Malang
Radio Radio Elfara – FM Kab. Malang
Radio Bhiga FM Kab. Malang
Radio Radio Senaputra – FM Kab. Malang
Radio Radio Andalus – FM Kab. Malang
Radio Radio Tidar Sakti Kab. Malang
Radio RCB FM Kab. Malang
Radio Radio Makobu FM Kab. Malang
Radio Radio Citra Protiga – FM Kab. Malang
Radio Radio Kutilang – AM Kab. Malang
Radio Radio Kalimaya Bhaskara – FM Kab. Malang
Radio M.I. FM Kab. Jember
Radio Ratu FM Kab. Jember
Radio Radio Boss FM Kab. Jember
Radio Radio Warta Mutiara – FM Kab. Jember
Radio Radio Soka Adiswara – FM Kab. Jember
Radio Best FM (Trijaya Network) Kab. Jember
Radio Radio Kirana Indah Sentra Suara (KISS FM) Kab. Jember
Radio Radio Prosalina FM Kab. Jember
Radio Radio Suara Kartika – FM Kab. Jember
Radio Radio Suara Akbar – FM Kab. Jember
Radio RBJ FM Kab. Blitar
Radio Purnama FM Kab. Blitar
Radio Istana FM Kab. Blitar
Radio Persada – FM Kab. Blitar
Radio Mahardika – FM Kab. Blitar
Radio Patria – FM Kab. Blitar
Radio Mayangkara – FM Kab. Blitar
Radio Satria – FM Kab. Blitar
Radio Radio Donna FM Kab. Blitar
Radio MAS FM Kab. Banyuwangi
Radio SriTanjung FM Kab. Banyuwangi
Radio VisFM Kab. Banyuwangi
Radio Mitra FM (Elshinta) – FM Kab. Malang
Radio Mensana FM Kab. Malang
Radio Simfoni - FM Kab. Malang
Radio Citra Dharma Balisatya (CDBS) Bali
Radio Cassanova Bali
Radio Cakra Swara Perkasa (CSP) Bali
Radio Besakih Rasisonia, Bali
Radio Barong Bali
Radio Batur (Raba) Bali
Radio Bali SWIB (Swara Widdya Besakih) Bali
Radio Bali Perkasa (Balisa) Bali
Radio Aneka Rama (AR) Bali
Radio R* Hardrock FM Bali
Radio Otomotion Radio Bali
Radio Rock FM Bali
Radio Radio Guyub Rukun Kab. Tulungagung
Radio Liiur FM Kab. Tulungagung
Radio Radio Komunitas Masyarakat Besole MADU FM Besole Kab. Tulungagung
Radio Radio Komunitas Pesantren MADU FM Campurdarat Kab. Tulungagung
Radio Radio Gema Perdikan FM Kab. Trenggalek
Radio Graha Musik Gaul FM / Granada FM Kab. Trenggalek
Radio Radio Madu FM Trenggalek FM Kab. Trenggalek
Radio Radio Madu FM Pantai Prigi FM Kab. Trenggalek
Radio Colors FM Kota Surabaya
Radio Smart FM Kota Surabaya
Radio JJ FM Kota Surabaya
Radio Istara FM Kota Surabaya
Radio Metro FM Kota Surabaya
Radio Mercury 96 FM Kota Surabaya
Radio Hard Rock FM Kota Surabaya
Radio Wijaya FM Kota Surabaya
Radio Global FM Kota Surabaya
Radio Kosmonita Kota Surabaya
Radio Delta FM Kota Surabaya
Radio DJFM 94,8 Kota Surabaya
Radio Kota FM Kota Surabaya
Radio Prambors FM Kota Surabaya
Radio Radio Elshinta Kota Surabaya
Radio SCFM Trijaya Surabaya Kota Surabaya
Radio Sonora Surabaya FM Kota Surabaya
Radio Suara Surabaya Kota Surabaya
Radio EBS FM Kota Surabaya
Radio Pas FM Kota Surabaya
Radio Radio Susana FM Kota Surabaya
Radio RKIP Kota Surabaya
Radio Radio Pendidikan Jawa Timur Kota Surabaya
Radio JT-FM (Radio Pemerintah Propinsi Jawa Timur) Kota Surabaya
Radio RKPD Kodya Surabaya Kota Surabaya
Radio Radio Suara Bumimas FM Kab. Ponorogo
Radio Radio MADU Fm Ponorogo FM Kab. Ponorogo
Radio Radio Gema Suara Kebonagung (GSK FM) Kab. Ngawi
Radio Radio Srikandi FM Kab. Ngawi
Radio Sejahtera FM Kab. Malang
Radio Radio Rajawali FM Kab. Tulungagung
Radio Radio RASETA FM Kota Malang
Radio Radio RASDIPA FM Kota Malang
Radio Radio Edukasi LPMP Riau Kota Tanjungpinang
Radio Prambors Makassar Kota Makasar
Radio Savana FM Makassar Kota Makasar
Radio BPKB Radio Gorontalo
Radio Nada Gorontalo
Radio Selebes Gorontalo
Radio Radio Gema Nirwana Kota Samarinda
Radio Radio Gembira Raya Kota Samarinda
Radio Radio Paras Kota Samarinda
Radio Radio Mitra Kota Samarinda
Radio Radio Metro Mulawarman Kota Samarinda
Radio Radio Suara Mahakam Kota Samarinda
Radio Radio Heartline Kota Samarinda
Radio Radio Borneo Kota Samarinda
Radio Radio One Way Kota Samarinda
Radio Radio Dino Kota Samarinda
Radio Renita Kab. Ketapang
Radio Vinka Kab. Ketapang
Radio Radio Sonora Kota Pontianak
Radio Trijaya FM Pontianak Kota Pontianak
Radio Radio Swara Prima Kota Pontianak
Radio Radio OZON Kota Palangkaraya
Radio Radio Kalaweit Kota Palangkaraya
Radio Radio Nuansa Kota Bontang
Radio RSPD Berau Kab. Berau
Radio Rock Radio Kota Balikpapan
Radio pHalma Kota Balikpapan
Radio Radio Sangkakala Borneo Kota Balikpapan
Radio AMA FM Kota Balikpapan
Radio RSPD Kota Balikpapan
Radio Swara Media Kota Balikpapan
Radio SmartFM Kota Balikpapan
Radio Gemaya Kota Balikpapan
Radio SBI Kota Balikpapan
Radio Radio SmartFM Kota Banjarmasin
Radio Radio Rasesa Sumbawa Nusa Tenggara Barat
Radio Radio Sutra Nusa Tenggara Barat
Radio Radio Riper FM Nusa Tenggara Barat
Radio Radio Suara Kota Mataram Nusa Tenggara Barat
Radio Phoenix Bali
Radio Guntur Bali
Radio Global FM Bali Bali
Radio Genta Bali Bali
Radio Gema Merdeka Bali
Radio FBI Bali
Radio Elkoga Bali
Radio Duta Bali

0 Response to "Susu Kuda Liar Sumbawa Asli Sumbawa"

Posting Komentar